Minggu, 12 Februari 2012

Asal-Usul Nama Fans Girlband Korea

Merasa familiar dengan kata-kata SONE? Kamilia? Playgirlz? Diadem? Aff(x)tion?
Atau jangan-jangan udah jadi anggota dari salah satu fandom itu?


Tapi tahu nggak sih asal-usul namanya? Jangan-jangan udah jadi anggotanya, malah nggak tahu arti dari nama itu apa. Yuk, kita bongkar apa arti dari nama-nama fandom itu.

Jadi gini nih Chingudeul, yang suka sama girlband korea ini kan bukan kita aja. Tapi orang-orang di seluruh dunia. Nah, biar berstatus, kumpulan fans girlband korea ini dikasih nama deh. Kita mulai dari KARA.


Nama fans KARA ini adalah Kamilia. Kamilia itu merupakan gabungan dari KARA + familia. Familia adalah bahasa latinnya family atau keluarga. Kara memang mau menjalin hubungan kekeluargaan sama fansnya. Di setiap kali girlband atau boyband korea manggung, pasti ada juga fansnya yg bawa lightstick atau balloon yang punya warna masing-masing. Kalau Kara, warna untuk official balloon mereka adalah pearl peach. Hmm, seperti warna orange muda di gambar ini nih.










     





Untuk yang mau lihat langsung official webnya KARA, bisa diklik di sini


Berikutnya adalah SONE. Sone adalah sebutan untuk penggemar SNSD. Jangan salah baca loh ya, bacanya bukan sone, tapi sowon. Sowon ini memang bahasa korea yang artinya wish, atau keinginan. Mungkin di sini SNSD itu mengabulkan semua keinginan para fansnya. Tapi ada juga yang bilang kalau SONE itu gabungan dari S(NSD)+ONE. Jadi maksudnya, SNSD dan fansnya adalah 1. Satu bagian yang tak terpisahkan. Kalau untuk lightstick atau balonnya, ini dia bentuknya. Warna official untuk SNSD adalah pastel pink.



















Untuk yang mau lihat langsung official webnya SNSD, bisa diklik di sini

                                     

Sekarang kita bahas fansnya After School!! Girlband kpop yang dipimpin oleh Park Gahee ini punya fans dengan sebutan Play Girlz. Nama Play Girlz dipilih oleh Pledis karena Play Girlz adalah nama dengan usulan terbanyak dari fansnya. Selain itu, Play Girlz juga merupakan salah satu lagu di album pertama After School. Warna official untuk After School adalah, nah, ini Sansuyu sendiri agak sedikit bingung. Ada official balloon dengan warna pearl periwinkle. Tapi diganti menjadi warna kuning dan sampai sekarang sih jadi warna kuning. Jadi, official color untuk After School warna kuning ya. Seperti yang ada di balon ini.



Untuk yang mau lihat langsung official webnya After School, bisa diklik di sini

Nah, untuk T-ara, girlband ini belum ada official fanclubnya sayang sekali. Direktur mereka memutuskan untuk membuat fanclub untuk T-ara di musim panas tahun ini. Yeaaayyy!! Jadi sementara ini T-ara tidak punya official color, balloon atau light stick. Nama Diadem yang sering kita dengar itu ternyata belum official dari kantornya T-ara. Diadem sendiri merupakan bahasa inggris klasik yang berarti mahkota untuk wanita atau tiara. Pas ya sama nama grupnya, T-ara. Ditunggu aja nih musim panas ini untuk tahu apa nama official fanclub untuk T-ara :)


Yang terakhir adalah f(x). Girlband yang paling baru ini sama seperti T-ara, belum punya official fanclub juga. Waktu itu sih pihak SM sempat bertanya kepada fans f(x) kira-kira nama apa yang cocok untuk fanclubnya. Banyak yang menjawab Aff(x)tion tapi sayangnya SM belum ngerasa sreg dengan nama ini. Jadi sampai sekarang sedang dicari lagi namanya. Untuk official colornya, f(x) sudah ada nih. Yaitu Pearl Light Periwinkle. Hal ini juga yang menyebabkan official color untuk After School berganti warna menjadi kuning. Karena kemiripan warna ini membingungkan fans f(x) dan fans After School.
                                     

                                             

Begitulah kira-kira nama-nama fan club dan asal-usulnya. Udah nggak bingung lagi kan. Jadi, sekarang pada jadi SONE? atau Kamilia? atau Play Girlz? atau Diadem? atau Aff(x)tion nih?
Kalo Sansuyu sih semuanya..


Sansuyu


7 komentar:

  1. Saya fans After School, tp sy cowok, masa mau ngaku play girlz -_-'
    kan aneh dengernya..
    Ga ada yg buat cowoknya gt?

    BalasHapus
  2. Pearl Light Periwinkle ini itu apa???

    BalasHapus
  3. Aku S♡NE love snsd forever

    BalasHapus
  4. Sekarang fx udah ada fanclub nya 😊 MeU 😘 /setelah 6 tahun maksudnya 😏/

    BalasHapus