Selasa, 01 Januari 2013

Review 'I Got A Boy' SNSD Music Video

Selamat tahun baru Chingu!!!! Tahun 2012 sudah lewat, SMtown sudah ke sini. Semoga di tahun 2013 akan ada SNSD, After School, f(x), Kara dan T-ara main-main ke Indonesia dan bisa konser di depan kita. Amin!!



Yang lagi libur panjang merayakan tahun barunya dengan apa nih? Main kembang api? Pergi ke luar kota sama teman atau keluarga? Kalo Sansuyu dan Gaenari, kami menghabiskan hari pertama di tahun 2013 kami untuk menonton music video 'I Got A Boy' SNSD yang baru rilis. Yuk kita bahas video clipnya.
Mungkin ada baiknya kita bahas dari awal dulu kali ya. Pertama kali SNSD mengumumkan akan comeback pada tanggal 19 Desember 2012 di account twitter official mereka (@GirlsGeneration). Lalu pada waktu yang diumumkan di twitter itu muncullah video klip 'Dancing Queen' yang juga sudah pernah kita bahas di sini.

Di akhir video clip 'Dancing Queen' ada teaser untuk 4th album mereka yang berjudul 'I Got A Boy'. SNSD kali ini dijanjikan memiliki penampilan yang berbeda dengan penampilan SNSD sebelumnya. Lalu muncullah teaser-teaser dengan urutan teaser drama version, teaser dance version dan highlight medley 4th album mereka. Yuk kita lihat dulu.


Huwaaaa, gimana? Udah mulai kebayang nggak kerennya comeback stage mereka nanti? Kita bahas dulu mulai dari teaser drama version. Wah, Sansuyu paham banget nih banyak banget yang iri sama cowok yang ada di teaser tersebut. Bayangin aja, masa cowok itu nge'date' sama 9-9nya? Mungkin cowok itu telah menyelamatkan seisi dunia di kehidupan sebelumnya jadi dapet berkah seistimewa itu :''').

 Lagu yang ada di teaser drama version bukan I Got A Boy, melainkan lagu yang berjudul 'Romantic St.' atau '낭만길' yang ada di album keempat mereka. Dari teaser drama version ini kita udah dikasih lirik-lirik yang akan dipakai di lagu I Got A Boy loh. Nggak percaya? Nih coba lihat.


Walau cuma 1 kalimat, ada tulisan 'Here comes trouble' di potongan video klip ini. Satu hal unik lagi yang Sansuyu baru sadar, ada graffiti jam tangan di tembok itu. Yup, jam tangan seperti baby G yang baru-baru ini diendorse oleh Girls' Generation. Hahahaha, bisa aja ya ngelipin barang yang lagi mereka jual.

2 hari setelah teaser drama version keluar, keluarlah teaser dance version. Nah, di teaser ini barulah kita bisa melihat cuplikan lagu dan sedikit koreografi yang akan mereka tampilkan. Dua kalimat yang ada di pikiran ketika lihat teaser ini adalah: "Keren!!" dan "Nggak sabar nunggu tanggal 1!!!". Ternyata SNSD benar-benar menampilkan lagu yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Agak sedikit hip hop R&B gitu. Kostumnya juga sedikit berbeda dengan yang SNSD tampilkan selama ini. Udah nonton teasernya kan? Lihat ada lirik yang ditampilkan nggak?


Tuh, ada tulisan 'A-yo GG yeah yeah'. Hahahaha. Itu liriknya bukan ya? Ohya, sedikit agak mundur lagi ke teaser drama version, selain ada graffiti jam baby G di tembok, ternyata Hyoyeon pake jam baby G loh. Terlihat jelas pula merknya.


Yang sedikit lucu nih, Sansuyu kan kebetulan juga nggak sabar menanti munculnya dance teaser. Tebak dong jam berapa dance teaser diupload ke youtube? Yak! Tepat sekali! Tepat pukul 5.45 PM waktu Korea dance teaser dan highlight medley diupload ke youtube. Sama seperti Hyoyeon yang marah ke cowok karena datang jam 5.45, banyak sone yang marah-marah ke SM karena teaser-teaser itu diupload pukul 5.45 sore. Hahahahaha, lucu ya?

Dan akhirnya, setelah penantian kurang lebih 10 hari (terhitung dari tanggal 21 Desember), penantian kita pun berakhir teman-teman. Tepat tanggal 1 Januari 2013 kemarin pukul 3 sore WIB Music Video 'I Got A Boy' tayang di youtube. Udah pada nonton belum? Yuk nonton lagi sebelum membahas video klipnya.


Apa yang pertama kali kalian rasakan ketika melihat video ini? Kalo Sansuyu sendiri, jujur, bingung. Hahahaha. Lagu ini kayanya gabungan dari 3-4 lagu dijadikan satu gitu loh. Ditambah dengan kostum yang tidak seragam, berbeda dengan kostum SNSD yang biasanya seragam. Lalu setting video clip yang warna-warni, koreografinya juga amat sangat powerful  gitu. Wuih, komplit sih sebenarnya. Tapi karena sangat berbeda dengan SNSD yang sebelum-sebelumnya jadi mungkin Sansuyu agak bingung sendiri untuk mencerna lagu dan video klipnya.

Dibahas dari mana dulu nih enaknya? Lagunya dulu kali ya. Lagu kali ini entah bergenre apa, tapi kalo di iTunes sih genrenya Pop Dance. I Got A Boy mungkin kalau didengerin untuk pertama kali agak bingung karena kaya 3-4 lagu digabungin jadi satu. Tapi percaya deh, semakin sering dengerin jadi mulai bisa menikmati lagunya kok. Mungkin dengerin lagunya tanpa nonton video clip bisa bantu, karena emang video clipnya juga agak ribet gitu. Tapi ya, ini dia SNSD yang dijanjikan, SNSD baru.

Sekedar info aja, 5 jam setelah video ini diupload ke youtube, sudah ada 1 juta orang lebih yang nonton loh. Bukan cuma di youtube, kebetulan comeback kali ini SNSD kerjasama dengan line naver (ya betul, messenger itu loh), dan video yang diupload di line juga ditonton oleh 1 juta orang lebih dalam 5 jam. Wuaaahh, rupanya banyak yang kangen ya sama penampilan SNSD dan juga penasaran seperti apa sih penampilan baru mereka.

Setting video klip I Got A Boy ini di jalanan gitu. Kurang ngerti juga kenapa di jalanan. Mungkin maksudnya biar hip hop abis gitu kali ya. Dengan graffiti di tembok-tembok, yuk, yuk, dicari tulisan-tulisannya.


Lihat deh yang dilingkari sebelah kiri. Tulisannya baby G. Hahahaha, tetap ngiklan ya. Yang di sebelah kanan juga ada tulisah 'A yo GG' dan di bawahnya ada tulisan 'Let me introduce myself' 'Here comes trouble'. Wah, lirik mereka ya kayanya. Ohya, balik lagi ke iklan mereka, ada 2 produk yang tak lupa diiklankan oleh SNSD. Yap, parfum mereka yang bernama 'Girl' dan jam baby G. Bahkan mereka pakai produknya loh di video clip.



Nah, di atas ada potongan gambar Jessica habis pakai parfumnya di pergelangan tangan dan di tangannya ada jam. Modelnya sih baby G banget. Yoona juga terlihat pake jam yang Sansuyu yakin banget itu baby G yang lagi diiklanin mereka. Mungkin nanti akan Sansuyu update mengenai jenis jam apa yang dipakai mereka berdua. Selain Yoona dan Jessica, semua member SNSD pake jam tangan sih. Tapi Sansuyu kurang jelas itu baby G atau bukan. Hahahaha. ngiklannya pinter ya.

Sekarang kita bahas koreografinya. Kali ini koreografernya adalah koreografer baru. Baru bagi SNSD tapi sudah terkenal banget di Hollywood terutama. Koreografer ini adalah pasangan suami istri yang baru saja memiliki anak kira-kira 5 bulan lalu. Ada yang udah bisa tebak? Buat yang nebak Nappytabs, yak!! Tepat sekali!!

Nama koreografer mereka adalah Nappytabs. Ini nama gabungan dari pasangan ini. Nama suaminya adalah Napoleon dan istrinya bernama Tabitha. Mereka khusus didatangkan SM ke Korea untuk membuat koreografi lagu 'I Got A Boy' yang memang terkesan Amerika banget ya lagunya. Bukan SNSD aja nih yang pakai jasa Nappytabs. Nappytabs juga membuat koreografi 'Humanoids'nya TVXQ dan 'Only One'nya BoA. Keren banget kan koreografinya 2 lagu itu?

Gimana nggak keren, Nappytabs ini adalah koreografer yang meraih Emmy awards di tahun 2009 karena koreografi yang mereka buat di acara 'So You Think You Can Dance' dengan memakai lagu Leona Lewis berjudul 'Bleeding Love'. Bukan cuma itu aja, banyak musisi hip hop yang memakai jasa Nappytabs. Bukan musisi hip hop aja deng, hampir semua genre malah, tapi memang yang terutama bergenre hip hop. Ada Jlo, 50 cent, Celine Dion, Carrie Underwood dan masih banyak lagi yang memakai jasa Nappytabs untuk membuat koreografi setiap penampilan mereka. Wuaaaahhh, nggak heran kan koreografi SNSD kali ini terlihat sangat enerjik dan beda dari biasanya?

Dari bagian koreografinya sih yang Sansuyu suka adalah bagian Hyoyeon dan Yoona yang bernyanyi kaya lagi battle gitu atau duel.


Tuh, yang itu. Tau nggak lirik di bagian itu apa artinya?

I’m like, surprised, mental collapse! He wants to see my face without makeup. I really like him, would it be okay to show it to him?
Oh! Never! Right? Right?
Let’s keep what needs to be kept, right! right!
Don’t ever forget this until you take all of his heart!


Nah, jadi ceritanya si Yoona lagi curhat gitu kalo dia suka sama cowok dan cowok itu pengen liat dia apa adanya, trus Hyoyeon sebagai teman nasehatin dia dan Yoona mengiyakan. Tapi bukan koreografi ini aja sih yang Sansuyu suka. Sansuyu dan Gaenari suka semua!! Keren koreografinya!! Salut sama Nappytabs dan SNSD!!


Bisa dibilang inti dari lagu I Got A Boy begitu deh. Lagu ini tentang curhatan seorang cewek yang naksir sama seorang cowok, kebayang-bayang, dan minta pendapat temen gitu. Wuahaha, kita banget nih temen-temen.

Ohya, tentang lagu, ada satu kalimat yang Jessica nyanyiin. Begini nih kalimatnya:

Don’t stop! Let’s bring it back to 'one forty'

Ada yang tahu arti dari 'one forty' yang Jessica maksud? Mungkin kalau di video clip kurang jelas karena ada cerita awalnya. Tapi kalau dengerin mp3nya, di menit 1:40 adalah bagian yang nyanyinya "I Got A Boy meotjin! I Got A Boy chakhan!" itu loh. Huahahaha. Keren.

Dan Gaenari bilang arti dari 'one forty' juga artinya adalah balik lagi ke 140 BPM. BPM adalah beats per minute atau yang biasa untuk menghitung tempo. Beneran loh, sudah dicek dan benar 140 BPM atau lebih tepatnya 139.88 BPM. Keren!!

Begitulah kurang lebih review 'I Got A Boy' dari HallyuHello. Gimana pendapat teman-teman? Ada yang berpendapat unik lainnya? Ngomong-ngomong, beli album yang covernya apa nih? Hehehe

sumber: facebook girlsgeneration, official youtube smtown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar